REKLAMASI ITU APA? DAMPAKNYA APA? #bincangreklamasi

hai hai hai....
kali ini gw nggak mau nulis puisi gw mau ngulas tentang reklamasi yang baru - baru ini marak di lakukan pemerintah indonesia. emmmm sebelum gw ulas mau tanya dulu nih, banyak nggak sih dari kalian yang tau apa itu reklamasi? apa hanya membaca koran dan tidak tau apa itu reklamasi.nah makadari itu kali ini gw mau ngejelasin nih yang di sebut reklamasi itu apa.

Menurut kamus besar bahasa indonesia ( KBBI ) reklamasi/re·kla·ma·si/ /réklamasi/ n 1 bantahan atau sanggahan (dengan nada keras); 2 Tan usaha memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna (misalnya dengan cara menguruk daerah rawa-rawa); 3 pengurukan (tanah); nah menurut tinjauan saya reklamasi adalah suatu kegiatan dimana pengurugan sungai atau laut yang tidak terpakai dengan tujuan untuk membentuk daratan buatan yang baru.
tapi apakah kalian tahu apakah dampak yang ditimbulkan dalam hal ini? mungkin benar memang semua kegiatan yang dilakukan akan memiliki dampak positif dan negatif, nah disini gw akan memberikan pengetahuan saya agar kita semua tau sampak apa yang di timbulkan dari reklamasi pantai.

DAMPAK POSITIF

- perluasan daerah teritorial suatu negara
memang benar reklamasi mempunyai dampak yang salah satunya adalah perluasan lahan teritorial suatu negara seperti halnya singapura atau belanda, namun perlu kita ulas lagi hal perluasan daerah teritorial itu kadang akan menimbulkan masalah ketika melebihi atau masuk ke daerah teritorial negara tetangga dan hal tersebut akan memicu pertikaian antar negara. apakah ini yang dianggap dampak positif oleh pemerinta indonesia?

- untuk membentuk lahan konservasi atau cagar alam yang dilindungi
disini kita tahu bahwa reklamasi akan membunuh ekosistem yang telah hidup di daerah tersebut, akantetapi kenapa disini akan membuat daerah konservasi buatan yang notabene kita telah merusak ekosistem air yang jelas jelas telah ada?

- membuat tempat wisata
di sini saya masih meragukan hal tersebut, karena bagaimana bisa kita tega untuk membunuh alam kita dengan tujuan untuk membuat tempat wisata? apa tidak seharus nya kita lestarikan dan jaga agar dapat mengoptimalkan daerah tersebut agar dapat menjadi tempat wisata? masih setuju dengan reklamasi?

itu adalah dampak positif yang masih dapat ditepis, sekarang saya akan memberikan dampak negatifnya

-membunuh ekosistem air
reklamasi akan berdampak pada pembunuhan terhadap ekosistem air yang ada pada daerah reklamasi

mungkin ada tambahan apa tentang hal - hal negatif apa yang dapat ditimbulkan dari reklamasi?

komen di kolom komen ya teman -teman. bisa juga melihat youtube channel saya yang mengulas apa itu Reklamasi.....




bisa di buka link diatas.....

Comments

Popular posts from this blog

apa kabarmu dengan semua egomu...

MERINDU

UNTUK DIBACA BERDUA